Uncategorized

Tips Berwisata ke Pulau Komodo

Indonesia merupakan negara kepulauan yang di dalamnya terdapat beraneka ragam flora dan fauna. Dari Sabang sampai Merauke terdapat berbagai macam flora dan fauna yang unik dan menarik sehingga menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata. Salah satunya adalah pulau yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara, yaitu Pulau Komodo.

Untuk anda yang ingin berlibur ke Pulau Komodo dan bingung untuk pergi ke sana, sekarang ada banyak travel yang menawarkan paket wisata Pulau Komodo.

Wisata Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan di pulau tersebut merupakan habitat dari kadal terbesar yang ada di dunia, yaitu komodo.

Pulau ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kawasan ini merupakan kawasan taman nasional yang dilindungi.

Saat ini di Pulau Komodo ini jumlah populasi komodo berada di kisaran 2000 sampai 3000 ekor. Komodo tersebut tersebar ke beberapa pulau, di Pulau Komodo ada sekitar 1727 ekor, Pulau Rinca sekitar 1049 ekor, Pulau Gili Motang sekitar 58 ekor, Pulau Nusa Kode 57 ekor, dan Pulau Padar ada enam ekor.

Komodo sendiri merupakan kadal terbesar di dunia. Komodo memiliki berat hingga 100 kg dan panjang mencapai sekitar 2-3 meter. Salah satu keunikan kadal ini adalah panjang ekornya yang sama dengan panjang badannya.

Tips Wisata Pulau Komodo

Untuk anda yang ingin berwisata ke pulau komodo ini ada beberapa tips yang sebaiknya lakukan.

Pilih Maskapai yang Tepat

Tips yang pertama adalah memilih maskapai yang tepat. Dengan memilih maskapai yang tepat anda bisa lebih nyaman ketika berwisata ke Pulau Komodo.

Sebaiknya anda melakukan booking dari jauh hari, minimal sekitar 3 bulan sebelum berangkat ke tujuan. Jika anda berangkat menggunakan pesawat, biasanya pesawat akan transit terlebih dahulu ke Pulau Bali atau di Kupang.

Nah, jika anda masih bingung ada banyak travel yang menawarkan paket wisata ke Pulau Komodo.

Hindari Bulan-Bulan ini

Jika anda berencana ke Pulau Komodo sebaiknya anda mengatur jadwal untuk berwisata ke Pulau Komodo pada bulan Mei hingga September. Hal ini dikarenakan pada bulan ini cuaca sedang bagus bagusnya. Jadi anda bisa menikmati pemandangan indah di Pulau Komodo.

Pada pertengahan bulan Juli hingga akhir bulan merupakan musim kawin komodo. Pada musim kawin komodo ini anda akan sulit untuk menemukan komodo karena mereka akan pergi jauh ke dalam hutan. Selain itu pada musim kawin komodo akan menjadi agresif sehingga anda harus lebih berhati-hati.

Mempersiapkan Keberangkatan

Tips selanjutnya adalah mempersiapkan keberangkatan. Hal yang harus dipersiapkan selain uang adalah kondisi badan yang baik. Hal ini dikarenakan anda akan menghabiskan sebagian besar waktu anda di atas kapal.

Selain hal diatas anda juga diharuskan mempersiapkan data diri seperti nama lengkap, kartu identitas, dan nomor kontak orang terdekat. 

Untuk peralatan yang dibawa, sebaiknya anda mempersiapkan peralatan secukupnya. Karena anda akan melakukan tacking di Pulau Komodo.

Hindari Membawa Daging

Ketika menjelajah di pulau komodo anda sebaiknya tidak membawa daging. Hal ini akan disampaikan oleh pemandu yang akan menemani anda. Komodo merupakan hewan yang memiliki penciuman yang tajam, jadi sebaiknya tidak membawa makanan yang akan mengundang komodo.

Menjaga Jarak dengan Komodo

Meskipun komodo merupakan hewan yang bagus untuk di abadikan dalam foto. Sebaiknya anda tidak terlalu dekat dengan komodo. Komodo merupakan hewan liar yang tidak bisa diprediksi apa yang akan di lakukan.

Gunakan Sunblock dan Pakaian yang Menutup

Anda bisa menggunakan sunblock untuk menghindari sengatan panas matahari di Pulau Komodo. Selain itu anda juga bisa menggunakan pakaian yang tertutup agar panas tidak langsung mengenai kulit dan membuat kulit terbakar.

Nah apakah anda tertarik untuk mengunjungi Pulau Komodo?

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*